Time Management adalah kunci sukses sebagai Professional

Menjadi manusia unggul adalah sebuah keharusan yang merupakan output daari proses kehidupan yang kita jalani. Menjadi pemuda unggul dengan kematangan yang luar biasa adalah sesuatu yang harus dikejar. Implementasinya adalah ketika orang lain menilai Anda sebagai sosok yang profesional. Banyak sekali motivasi yang mendorong kita, manusia yang penuh dengan alpa,  untuk tetap berjalan dijalan yang lurus dan menjaga waktu yang dimilikinya, karena semua itu akan dipertanggungjawabkan diakhir proses kehidupan. Time management adalah salah satu aspek yang perlu dibangun untuk menjadi seorang yang profesional. Penting sekali hal ini dibangun, karena bisa dibayangkan jika kita bekerja tanpa adanya kemampuan time management, tentunya citra positif bahwa kita adalah seseorang yang Profesional akan sulit melekat pada identitas diri kita.

Dalam pelatihan seven habits,nilai time management sangat kental sekali.Islam mengajarkan ini jauh sebelum munculnya seven habits. Dari surat Alfatihah saja, jika kita tekuni setiap kata dan kalimatnya sangat sarat dengan makna yang luar biasa. Diperkaya dengan nilai bersyukur kepada Alloh, itulah kekuatan yang dimiliki oleh seorang muslim.

Bisakah Anda bayangkan jika ada setumpuk tugas didepan mata. Lalu berkali-kali kita gagal menyelesaikan tugas kita tersebut dengan alasan adalah karena tugasnya terlalu banyak. Padahal jika kita mau introspeksi diri, ternyata tugas tersebut bisa diselesaikan oleh orang lain dengan baik, adalah karena bekal time management. Biasanya, tanpa kita sadari, mudah sekali diri kita memberikan ruang pada pekerjaan yang tidak terlalu penting, semisal membuka facebook di jam kerja karena berfikir bahwa itu adalah sarana refreshing yang akan meningkatkan kinerja, padahal justru hal tersebut akan kontraproduktif dengan profesionalisme.

Time Management juga merupakan bagian dari pekerjaan dan prasyarat di dalam menjadi Project Manager. Dengan bekal time management, maka kita memiliki kemampuan memprioritaskan tugas dan sejumlah item di dalam pekerjaan project management akan mudah sekali untuk dilakukan jika hal ini dipersiapkan sejak kita masih muda.

Saya sering sekali mengamati bahwa terlalu banyak anak muda yang tidak disiplin dan tidak mampu mengatur waktunya di kantor karena memang dia tidak pernah diajarkan sejak kecil oleh orang tuanya untuk mengatur kegiatannya dengan baik sehingga mudah sekali melepaskan tanggung jawabnya karena merasa tidak akan ada hukuman jika dia tidak berhasil menjalankan tanggung jawabnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa di negera kita ini, memberikan hukuman kepada karyawan sepertinya juga sulit dilakukan. Padahal tanpa ada “cambuk” berupa hukuman tersebut, maka dia tidak akan pernah menyadari bahwa dia telah melakukan kelalaian yang akan berakibat kepada kinerja semua team.

Semoga pembaca artikel ini memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola waktu yang merupakan amanah dari Ilahi untuk dipertanggungjawabkan diakhir proses kehidupan ini. Jika Anda ingin mengikuti pelatihan Time Management ataupun Project Management, silahkan hubungi kami : inovasisigma@gmail.com, 08881630627, 021-83793905, http://www.inovasisigma.co.id

Iklan

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s