Powerful Investigative Interview untuk Manager

Pelatihan Powerful Investigative Interview biasanya dimulai dengan sessi pertama mengenai komunikasi. Komunikasi adalah sebuah kata yang sering kita dengar dan kita pasti merasa sudah sangat paham mengenai apa itu komunikasi. Komunikasi terdiri dari komunikasi secara verbal dan non verbal.Untuk seorang pimpinan seperti seorang Manager, berkomunikasi dengan subordinate dalam jumlah yang sangat banyak  (Span Of Contrrol) dan dalam intensitas yang cukup sering, tentunya memerlukan bekal sebagai seorang pemberi motivasi dan pemberi semangat sehingga achievement orientation si karyawan ini semakin hari semakin bagus dan memenuhi target yang diharapkan perusahaan. Konflik di dalam manajemen atau di dalam perusahaan, pada umumnya terjadi karena masalah komunikasi. Itu artinya, komunikasi memiliki peranan yang sangat vital di dalam membangun team building,efektivitas dan produktivitas di dalam berkinerja unggul.

Kami memperkenalkan komunikasi verbal dengan kalimat indirect interview (berupa kalimat bertanya yang mendorong si lawan bicara untuk berfikir secara konstruktif demi mencapai harapan dari si penanya tanpa ada nya paksaan), misalnya ketika seorang ayah meminta kepada anaknya untuk belajar dengan cara “ayo belajar” maka si anak akan malas untuk mengikuti perintah itu karena bernada memaksa dan memerintahkan sesuatu. Namun jika kalimatnya diganti dengan kalimat indirect, semisalnya, “adek mau bersusah-susah dahulu atau mau bersenang-senang kemudian’ ketika si adek ini menjawab mau bersenang-senang kemudian dan dia berfikir serta memutuskan bahwa untuk bisa bersenang-senang kemudian maka dia harus bersusah-susah dahulu yang artinya dia harus belajar, maka kemauan belajar ini seolah-olah datang dari dirinya tanpa dia merasa terpaksa melakukan kegiatan belajar tersebut. Begitulah perumpaan mengapa Pelatihan Powerful Investigative Interview ini sangat penting dan menjadi skill yang wajib dimiliki oleh seorang Manager karena ditangannyalah keteladanan harus dihasilkan.

Seorang Manager juga harus memiliki keahlian untuk bisa menganalisa kebohongan yang dilakukan oleh subordinatenya karena jika dia menganggap bahwa semua laporan dan informasi yang diberikan oleh team ataupun subordinatenya adalah sebuah kebenaran dan dia terlalu mudah percaya, maka ini akan menyebabkan kinerja atau KPI seorang Manager juga bisa terganggu. Misalnya, dilaporkan bahwa ada seorang anak buahnya yang biasa terlambat jika kembali ke kantor karena makan siang dulu di tempat client. Ternyata setelah diselidiki, si client ini memiliki bisnis sampingan sehingga dia sering datang terlambat kembali ke kantor setelah makan siang. Atau misalnya seorang staff marketing diberikan voucher taksi dan voucher untuk makan bersama client ternyata fasilitas tersebut disalah gunakan. Dan tentunya masih banyak sekali hal-hal yang terjadi dan biasanya terjadi sehingga merugikan perusahaan.

Analisa Kebohongan memang  penting sekali dilakukan kepada setiap karyawan oleh HRD yang memang berkepentingan untuk melakukan analisa kebohongan seperti bohong mengenai kedisiplinan kerja. Namun HRD memiliki intensitas pertemuan yang kurang rutin dengan semua staff di perusahaan, sehingga peran ini bisa dimainkan oleh seorang manager lini sampai dengan level General Manager.

kami undang Bapak dan Ibu yang telah menduduki posisi Manager dan juga seorang HRD serta Internal Auditor ataupun calon trainer untuk mengikuti pelatihan Powerful Investigative Interview pada tanggal 30-31 Oktober 2014. Call us 08881630627, 021-83793905.

Iklan

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s