Kabinet Kerja 2014 , siapakah mereka?

Tepat enam hari setelah pelantikan president RI yang ke-7 yaitu Joko Widodo, beliau mengumumkan Kabinet Kerja. Menarik sekali nama yang diberikannya terkait dengan kata ‘kerja’ yang bermakan berbuat secara cepat dengan bermanfaat atau berhasil untuk kepentingan masyarakat. Jokowi memenangkan pertarungan menjadi presiden ini adalah atas dukungan dari banyak pihak sehingga Prabowo dapat dikalahkan. Namun pada saat pelantikan presiden ini, Prabowo tetap legowo untuk hadir didalam pelantikan tersebut.

Pada saat mengumumkan setiap nama-nama calon menteri yang akan dilantik pada tanggal 27 Oktober, beliau (Presiden RI ke-7) menyampaikan profile setiap calon menteri ini. Yang menjadi hal paling menarik adalah ketika beliau menyebutkan Ibu Rini Soemarno (Suwandi) adalah ketua rumah transisi dan orang yang bekerja dengan super cepat. Maka terbayang olehku bahwa inilah sosok yang akan mendominasi di dalam kepemimpinan Kabinet Kerja. Dan memang dari informasi di paman google, ada kisah track record beliau. Kabinet kerja yang lainnya adalah Puan Maharani yang ketika maju kedepan, jelas sekali dari raut wajahnya bahwa beliau merasa sebagai seorang anak tokoh besar di negeri ini, sehingga tidak ada budaya menundukkan kepala kepada siapapun karena beliau merasa lebih tinggi dari yang lain. Ini hanya analisa sikap tubuh saja, tanpa bermaksud apapun terhadap beliau. Ada lagi sosok Anis Baswedan yang dari sejak masa kampanye memang sudah digadang-gadang akan menjadi Mendikbud terkait juga dengan LSM beliau yaitu Indonesia Mengajar.

Hampir semua yang diwawancarai oleh media menyatakan hal yang sama bahwa pada tanggal 26 Oktober ini, mereka masih berstatus ‘Calon Menteri” dan baru akan dilantik pada tanggal 27 Oktober besok sehingga mereka tidak bisa menjelaskan rencana atau pandangannya mengenai fungsi kerjanya di Kementrian yang akan dipimpinnya. Ada semangat yang positif dari nama ‘Kabinet Kerja’ sehingga diharapkan dalam waktu 100 hari ini ada prestasi besar yang akan mereka torehkan di negeri tercinta ini, Indonesia.

Walaupun masyarakat sudah mulai ‘pusing’ dengan informasi bahwa akan ada kenaikan BBM lagi dalam jumlah yang cukup tinggi, namun pelantikan Menteri dan Sidang Kabinet pertama di tanggal 27 Oktober 2-14 besok, pastinya akan sangat ditunggu-tunggu untuk dapat menghasilkan ‘produktivitas’ yang merupakan tujuan utama dibentuknya ‘Kabinet Kerja’.

Ada beberapa pengamat politik yang menilai bahwa seseorang yang sudah masuk di dalam kabinet kerja ini, seolah-olah diputihkan dari kasus yang sedang diselidiki di KPK. Bahwa ada 8 nama yang diberikan stabilo merah dan stabilo kuning sepertinya tidak dijadikan acuan oleh Joko Widodo dan teamnya sehingga sepertinya akan memutihkan kasusnya. Luar biasa posisi seorang mentri pun bisa diputihkan dari kasusnya padahal Jokowi telah mempublikasikan bahwa kabinetnya adalah kabinet yang bersih dari sejak kampanyenya. Bagaimana menurut pendapat Anda? kita lihat yuk perkembanngana 100 hari ini.

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s