Kecepatan dalam Bekerja

Kecepatan dalam bekerja adalah salah satu indikator bahwa kita adalah orang yang cerdas (smart) dan kompeten atau professional. Selayaknya bahwa hal ini tidak perlu lagi diperdebatkan bahwa semua perusahaan menginginkan karyawannya untuk tidak menunda pekerjaan atau lamban dalam bekerja. Dan jika Anda telah memiliki kemampuan untuk bekerja secara cepat, maka sebaiknya Anda tidak perlu menengok ke belakang dan sehingga Anda kehilangan waktu kerja hanya untuk menganalisa bagaimana lambannya teman Anda bekerja.

Pernahkah Anda mengetahui bahwa seeekor jerapah yang panjang lehernya itu, sebenarnya memiliki kecepatan berlari yang cukup tinggi dibandingkan beberapa hewan yang ingin memangsanya. Namun mengapa jerapah bisa ditaklukkan, hal itu hanya karena satu sebab yaitu jerapah selalu menengok ke belakang.

Jika Anda telah bekerja dalam durasni 6 bulan di sebuah perusahaan, lalu ada karyawan baru yang baru bekerja dalam durasi 1 minggu dan setiap hari Anda selalu menilai dan mengamati pekerjaan karyawan baru ini yang terlihat lamban, namun Anda pun tidak mau membantunya… maka pekerjaan ini akan sia-sia dalam hidup Anda. Seandainya saja Anda membantu si karyawan baru ini dengan memberikan penjelasan tentang business prosess di dalam perusahaan ataupun produck knowledge dan lain sebagainya yang positif, tentunya Anda akan mendapatkan respect yang luar biasa dari karyawan baru ini dan tentunya karyawan baru ini tidak akan menjadi musuh atau kompetitor di kemudian hari.

Percayalah bahwa setiap individu memiliki potensinya masing-masing dan jika kita terus mengasah potensi tersebut sehingga menjadi kompetensi yang bisa diukur dan bisa diakui oleh pimpinan kita, maka itulah prestasi yan sesungguhnya harus Anda kejar. Ketika kekuatan atau potensi yang kita miliki adalah kecepatan dalam bekerja, maka lakukan hal tersebut dengan baik tanpa merasa “sombong” bahwa hanya sayalah orangnya yang dapat bekerja dengan cepat sehingga orang lain kalah dengan diri kita.

Ketahuilah bahwa kecepatan dalam bekerja adalah hal yang biasa-biasa saja di dalam organisasi atau perusahaan dan itu merupakan kompetensi dasar atau inti yang secara alamiah harus dilakukan oleh semua karyawan. Justru jika Anda memiliki kekurangan berupa : penundaan pekerjaan dan lambannya dalam menyelesaikan tugas-tugas, maka yakinlah Anda akan tergeser dengan orang lain yang lebih layak untuk menduduki kursi Anda saat ini.

Ada kompetensi lainnya yang disetiap perusahaan juga menjadi dasar yaitu Bahasa Inggris dan Continous Learning atau Initiative. Jika semua kompetensi ini Anda anggap sebagai kekuatan pada kepribadian Anda dan skill Anda, maka dengan yakin di era modern ini, Anda akan terseok-seok dalam meniti karir.

Continous Learning atau semangat terus belajar dan mampu belajar secara terus menerus adalah kompetensi wajib yang juga di persyaratkan di semua jabatan. Bahkan di beberapa perusahaan besar, kompetensi ini menjadi kompetensi inti (dasar). Bahasa Inggris juga sudah dapat dipastikan akan menjadi persyaratan karena saat ini hampir semua posisi bisa diduduki karyawan dari luar negeri (dunia semakin flat) sehingga tentunya kursi yang kita duduki hari ini akan menjadi incaran karyawan asing dari berbagai negara. Apakah Anda sudah siap?

Iklan

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s