Bagaimana Kita Bertumbuh

Jika pada hari ini kita bertumbuh hanya 1% sementara orang lain bisa bertumbuh 2%, berarti ada ketidakmampuan dalam diri kita yang menyebabkan kita tidak bisa mengejar prestasi excellence. Mengapa ini bisa terjadi?

Hal ini terjadi karena 2 hal, pertama karena kita ternyata adalah tipe seorang External (dan Away From -dalam profiling Meta Program) sehingga selalu membutuhkan orang lain di dalam upaya pertumbuhan diri kita dan juga karir ataupun bisnis kita. Apakah ini sudah Anda pahami? Jika Anda adalah seorang Internal (dan Toward To , tipe meta program -profilingnya) tentunya motivasi dan pengambilan keputusan berasal dari diri Anda sendiri. Apakah salah jika kita selalu membutuhkan referensi dari orang lain untuk bisa bertumbuh? Hal ini tidak salah, karena banyak sekali orang yang sukses (bahkan pemain sepakbola tingkat dunia) karena memiliki seorang pelatih atau mentor yang handal. Yang diperlukan adalah sebuah kesadaran tentang siapakah diri kita sebenarnya?

Hal kedua, hal ini bisa terjadi karena tidak adanya kompetitor di dekat kita sehingga kita tidak bisa membandingkan upaya kita dengan apa yang bisa dilakukan oleh orang lain. Artinya, bagaimana kita bertumbuh juga sangat dipengaruhi oleh alat ukur atau pembanding yang sering kita sebut sebagai Kompetitor.

Bagaimanakah kita melangkah esok hari, juga di pengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor kesadaran atau motivasi yang sering disebut sebagai Goal di dalam hidup kita. Cobalah Anda lakukan proses dan tahapan-tahapan menuju Goal yang Anda cita-citakan dengan langkah-langkah yang sesuai dengan tipe kepribadian Anda dan Anda bisa memasukkan program yang tepat kedalam diri Anda (disebut meta program).

Langkah lain yang bisa digunakan untuk dapat bertumbuh lebih baik dan lebih cepat adalah dengan mengikuti pelatihan dan atau menjadi seorang Coacher. Tentu Anda telah memahami hal ini bukan? Jika Anda ingin mengetahui apa manfaat menjadi seorang Coacher dan manfaat mengikuti pelatihan, temukan di dalam artikel kami yang lainnya, ada di www.inovasisigma.co.id

selamat bertumbuh dari hari ke hari.

(Asri – Jakarta, 1 April 2015)

Iklan

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s