Bagaimana memulai Usaha

Bagaimana memulai usaha? Mungkin pertanyaan itu sedang hadir di benak Anda saat ini. Apakah Anda seseorang yang akan segera mamasuki usia pensiun ataupun Anda yang mungkin ingin membangun bisnis dari sejak usia muda. Ada 4 langkah yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha :

  1. Ide bisnis yang sesuai dengan hobi atau bakat atau pengalaman ketrampilan Anda. Ini memegang peranan  lebih dari 50% kesuksesan Anda. Saya memulai bisnis saya sendiri dibidang Learning atau Pelatihan karena memang saya suka belajar. Saya suka membaca buku dan senang untuk berbagi ilmu.

  2. Carilah resource orang atau bahan baku dari usaha Anda. Ini memegang peranan sekitar 10-20 % dari kesuksesan bisnis Anda. Mengapa tidak terlalu besar bobotnya, karena resource atau bahan baku dalam perjalanan bisnis kita, bisa kita ganti dan kita cari ulang.

  3. Carilah lokasi yang tepat. Untuk beberapa jenis usaha, ada yang memerlukan lokasi strategis di pinggir jalan dan di tengah keramaian dan hanya sebagian bisnis yang tidak sensitif terhadap lokasi. Hal ini terkadang membuat bisnis kita yang tadinya hanya membutuhkan modal 3 juta saja, berkembang menjadi membutuhkan modal sampai 70 juta. Ya, lokasi memegang peranan lebih dari 25%.

  4. Partner bisnis. Jika bisnis Anda ingin dibangun dengan cepat dan bersifat nasional, maka carilah partner bisnis sehingga skala bisnis Anda tidak hanya untuk lingkungan tempat yang kecil. Misalnya target customer Anda apakah per hari hanya 40 orang per hari (untuk bisnis kuliner), atau ingin lebih? dalam artian bukalah frenchise jika memang jenis usaha seperti yang Anda buat ini membutuhkan cabang di berbagai lokasi di Indonesia. Partner bisnis adalah seseorang yang memiliki keahlian lebih dari Anda atapun memiliki modal lebih dari Anda. Jika partner bisnis hanya berfungsi menjadi penggembira saja dalam bisnis Anda, maka janganlah berpartner. Kerjakan sendiri bisnis Anda, dan suatu saat bisalah Anda berpartner dalam artian membuka frenchise atau cabang.

Inilah sekelumit persiapan untuk memulai usaha. Semoga pertanyaan Anda tentang Bagaimana memulai Usaha sudah bisa terjawab ya. Sampai jumpa. Kami memiliki pelatihan Purnabakti atau Intrapreneurship pada tanggal 8-11 Juni 2015, semoga berkenan menjadi peserta pada pelatihan ini.

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s