Target Kinerja

Apa itu target kinerja. Apakah sebuah perusahaan tempat Anda bekerja tidak memiliki cara dalam menilai kinerja setiap anggota di dalam perusahaan tersebut? pastinya ada. Itulah yang disebut Key Performance Indicator atau Indikator Kinerja. Ada juga yang pada umumnya dilakukan setiap 6 bulan sekali yang disebut sebagai Performance Appraisal.

Performance Appraisal dilakukan diakhir periode penilaian. Adapun jika dilakukan kesepakatan diawal periode, maka ini disebut sebagai performance planning atau ada form yang harus diisi yang disebut Individual Performance Planning. Pernahkah ketika Anda mendapatkan tugas diawal periode, lalu Anda bernegosiasi kepada atasan Anda dan mengatakan saya tidak memiliki skill ini Pak, sehingga bisakah tugas ini diberikan kepada rekan saya yang lainnya dan saya akan mendapatkan tugas lain yang bisa jadi merupakan tugas dari rekan saya. Pada umumnya, diperusahaan manapun Anda bekerja hal ini tidak lumrah dilakukan. Namun pada kenyataan sering sekali pekerjaan itu tertukar berdasarkan kesukaan seseorang terhadap pekerjaan yang menarik untuknya. Jika ada pekerjaan si A, teman saya dan itu lebih menarik untuk saya, maka saya ambil saja pekerjaan tersebut sehingga target kinerja si A tercapai, namun saya yang melakukannya dan sebaliknya saya sangat berharap si A bisa mengerjakan pekerjaan saya yang sulit sehingga si A mendapatkan beban dari saya. JIka ini terjadi, berarti ada individu yang tadi disebut sebagai Saya , yang tidak kompeten.

Target kinerja ada kaitannya dengan kompetensi atau keahlian atau kemampuan seseorang melakukan sesuatu. Sehingga untuk mencapai kinerja yang excellent, maka di perusahaan Anda, ada seorang HRD yang akan memberikan panduan, kompetensi apa saja yang harus Anda miliki sehingga akan dilakukan yang namanya Assessment Center (Competency Assessment) sehingga didapatkanlah gap kompetensi yang ada pada diri Anda, lalu dalam periode Awal Penillaian hingga akhir penilaian, akan ada Coaching and Counseling serta Assignment (penugasan). Jika penugasan dan juga Coaching & Counselingnya berjalan dengan baik maka akan menghasilkan kinerja yang baik juga. Namun untuk mendapatkan kinerja yang excellence juga perlu di tambah dengan kemampuan untuk belajar secara mandiri dan juga membaca buku. So, untuk apa lagi Anda hanya berjalan di tempat dan tidak mendapatkan nilai yang Excellence. Yuk kejar prestasi dan karir di tempat kerja. Hilangkah Gap dan jadilah Nomer 1. Target kinerja Anda periode bulan ini, semoga nilainya excellence ya… Amien.

Iklan

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s