Berbuat Baiklah

Pada suatu hari, disaat saya masih muda, kira-kira berusia 23 tahun, yaitu satu tahun setelah saya lulus S1, saya senang sekali berkeliling untuk bertemu dengan pengusaha UKM. Tujuannya ada dua, pertama adalah untuk mencari relasi bisnis dan yang kedua, terkadang hanya ingin bertemu dan  berteman saja. Profesi saya diawal karir adalah sebagai seorang Account Officer di sebuah majalah atau Tabloid Islam. Saya senang sekali menjalani profesi ini. Profesi ini sama dengan hobi saya sendiri yaitu bertemu dengan pengusaha kecil untuk memasang iklan usahanya di majalah atau tabloid tempat saya bekerja. Setelah satu tahun, saya merasakan nikmatnya bertemu dan berteman dengan pengusaha UKM. Dan pada saat saya tidak lagi bekerja, dan saya sedang ada waktu luang, tiba-tiba ada seorang pengusaha yang meminta bantuan untuk dicarikan pinjaman modal untuk pengembangan usahanya. Jiwa membantu orang lain, sering begitu saja muncul, dan entah bagaimana caranya, saya langsung bisa berhubungan dengan seseorang yang ternyata berprofesi sebagai seorang marketing di BPRS. Salah satu dari mereka yang saya bantu tersebut, adalah seorang nenek dengan  usia diatas 55 tahun yang ingin meminjam modal untuk melanjutkan usahanya menjadi developer.  Pinjamannya cukup besar dan ternyata disetujui. Saya tidak sengaja membantu dua pengusaha ini. Niat saya hanya membantu, tidak sama sekali bermaksud menjadikan ini sebagai profesi untuk saya.

Dari kejadian membantu 2 pengusaha tersebut, saya mendapat panggilan dari BPRS dan ternyata, saya diberikan hadiah. Saya bergumam dalam hati kecil saya, mengapa tidak diberikan saja hadiah ini kepada marketing BPRS yang merupakan karyawan dari BPRS tersebut. Namun saya tidak berani menyampaikan maksud saya tersebut, dan mungkin SOP nya demikian. Tiba-tiba, salah satu dari pengusaha tersebut meminta kepada saya untuk bertemu dan memberikan sesuatu yang nilainya secara rupiah, mungkin tidak terlalu besar, namun bagi saya saat itu, nilai tersebut cukuplah besar karena saya benar-benar ikhlas membantu pengusaha tersebut. Kemudian saya pun mulai menghayal, mengapa pengusaha ini yang hanya mendapatkan pinjaman dalam jumlah kecil saja, masih ingat kepada saya. Sedangkan nenek yang memiliki usaha developer rumah, yang nilai pinjamannya sangat tinggi, tidak ingat kepada saya. Saya mulai merasakan bahwa setiap orang yang berbuat baik, walaupun hanya memberikan sesuatu yang nilainya kecil sekali, pastinya akan sangat berguna bagi yang menerimanya.

Pernah juga pada suatu saat, saya sepulang dari menemani bos saya, tiba-tiba bos saya memberikan uang senilai kurang dari 10 ribu rupiah. Pada saat itu, saya bingung dengan pemberian tersebut. Nilainya terlalu kecil menurut saya, namun bukan itu yang menjadi masalah. Yang menjadi pemikiran bagi saya, sebenarnya tidak perlu memberi sesuatu dengan nilai untuk membayar angkot yang saat itu harga naik angkot adalah 3000 rupiah. Namun dapat saya pahami bahwa bos saya ini, menyampaikan visi dan misinya, bahwa saya ingin memberi ongkos kepadamu, namun karena hanya ada uang dibawah 10 ribu, maka terimalah. Berbuat baik memang penting sekali. Dan pastinya, tidak akan ada yang sia-sia dari upaya melakukan kebaikan, walau nilainya tidaklah seberapa.

Berbuat baiklah, dimanapun kamu  berada dan lakukanlah dengan hati yang tulus. Berbuat baik tidak sellau berupa uang, bisa berupa senyuman yang manis dan hati yang tulus untuk membantu

Iklan

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s