Kecepatan dalam berfikir dan bertindak

Karakter inti di dalam diri kita, bisa dilihat dari tulisan tangan atau Graphology. Karakter ini penting sekali diketahui jika Anda ingin mencari seseorang untuk menjadi karyawan kepercayaan Anda. Ataupun untuk mencari sosok Talent atau Star di dalam perusahaan. Salah satu karakter yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Pemimpin adalah kecepatan dalam berfikir dan bertindak. Dan mendapatkan karakter seseorang yang memiliki watak atau kompetensi seperti ini, tentulah tidak mudah. Kalaupun sudah mendapatkan orang yang seperti ini, biasanya lingkungan kerja (terutama teman-teman) tidak menyukai karakter seperti ini. By the way, kita mulai dengan memahami apakah penting mendapatkan seseorang dengan karakter seperti ini dan mengapa bisnis selalu mencari karakter seperti ini.

Dalam Graphology, ada jenis atau bentuk huruf yang menandakan bahwa orang ini memiliki karakter : (1) cepat dalam berfikir atau disebut juga Strategic Thinker  dan ada juga (2) Cummulative Thinker. Karakter Strategic Thinker ini mampu memahami sesuai dengan cepat dan dari helikopter view (dari atas) dan ketika belajar pun, akan cepat sekali daya tangkapnya dan cepat dalam mengambil kesimpulan. Maka positivenya adalah jika ada kasus yang harus cepat ditangani, ada problem yang harus cepat diatasi, maka secara alamiah dia akan cepat sekali dalam berfikir, cepat dalam menjadi seorang problem solver dan bisa melihat permasalahan secara global dan memiliki kemampuan melihat secara helikopter view. Pada umumnya, semakin strategis posisi kita, maka karakter seperti inilah yang dibutuhkan. Termasuk juga karakter yang dibutuhkan untuk menjadi seorang konsultan. Jika ada sesuatu permasalahan, pada umumnya orang butuh waktu beberapa jam untuk memahami masalah tersebut, maka sosok ini hanya butuh 5 menit saja untuk memahami masalah dan mampu mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Kecepatan berfikir ini biasanya ditunjang juga dengan kecepatan bertindak. Jika Anda memiliki bakat sebagai seorang yang memiliki kemampuan berfikir cepat dan bertindak cepat, maka Anda layak menjadi pemimpin dimanapun Anda berada. Tongkat estafet kepemimpinan, layak Anda pegang. Bakat ini pun tetap akan lebih menonjol bisa dirasakan ketika berbisnis ataupun bekerja. Namun jika ada seseorang dengan bakat seperti ini dan memiliki pendidikan yang tinggi, tentunya pemilik bakat+ pendidikan tinggi akan lebih baik daripada seseorang yang hanya memiliki bakat namun tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Kemudian jika dibandingkan dengan seseorang yang memiliki pengalaman, tentunya seseorang yang memiliki pengalaman + bakat akan lebih hebat daripada seseorang yang hanya memiliki bakat saja.

Jika Anda berbicara dengan seseorang yang memiliki kecepatan berfikir dan betindak, maka saran kami, persiapkan diri Anda sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lawan bicara Anda. Mungkin Anda bukan tipe Strategic Thinker namun dari tipe yang lainnya yaitu Cummulative Thinker, maka Anda bisa melengkapi kekurangan dari mitra Anda  (Yang strategic thinker) ini dengan kemampuan mengakumulasi ilmu yang didapatkan sehingga pada saatnya seorang strategic thinker mudah sekali lupa, maka Anda mampu  mengingatkan hal-hal yang mudah sekali dilupakan oleh seorang pemikir cepat. Sehingga setiap kita membutuhkan satu sama lainnya untuk mennjadi team yang kokoh.

Iklan

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s