Value dan Kompetensi

Value adalah nilai. value seorang muslim adalah karakter yang wajib dibangun pada diri seorang muslim yaitu karakter shiddiq (jujur), amanah (bisa dipercaya atau trust), fathonah (cerdas), tabligh (mengkomunikasikan dan melakukan tranaparansi di dalam pekerjaannya). sekilas tidak terlalu terlihat perbedaan antara value dan kompetensi. Dan dalam tulisan ini memang kami tidak akan menjelaskan perbedaan antara value dan kompetensi secara detail.kami hanya ingin melihat keterkaitan atau keterhubungan antara value dan kompetensi.

value merupakan  prinsip hidup yang menjadi nilai awal, landasan, niat yang jika diajarkan dan diinternalisasikan kedalam kepribadian seseorang secara terua menerus…maka ia akan menjadi perilaku atau kita sebut sebagai kompetensi. kompetensi adalah knowledge, skill dan attitude atau perilaku. jadi maksudnya adalah nilai2 hidup kita, ketika sudah dilakukan berkali-kali secara terus menerus karena adanya knowledge bahw perilaku tersebut baik dan diwajibkan untuk dijalankan maka perilaku ini menjadi identitas diri sehingga ketika dinilai di dalam pekerjaan kita, maka perilaku ini muncul, sehingga ditetapkanlah bahwa kita sudah memiliki kompetensi.

Perbedaan antara kompetensi dan value adalah value adalah landasan dan warna dasar kepribadian kita. sedangkan kompetensi merupakan turunan atau cascading atau tindak lanjut dari value tersebut dan kompetensi harus bertumbuh dari yang tadinya memiliki nilai hanya 1′ maka harus tumbuh menjadi 2 karena adanya tuntutan pekerjaan. sedangkan value misalnya jujur adalah nilai dasar yang dari sejak awal sebaiknya nilai dasar ini sudah ada. kalaupun kita tidak memiliki nilai jujur karena tidak pernah diajarkan berperilaku jujur sejak kecil, maka harus  diinternalisasikam nilai- nilai tersebut dan ini memang akan sangat sulit sekali. terkadang saya menganggap bahwa value ini seperti test potensi yang memang harus di potret sejak awal dan sepertinya sangat sulit sekali menanamkan value daripada meningkatkan kompetensi.
Bagaimanapun sulitnya pekerjaan ini, ketahuilah bahwa pioneer untuk melakukan hal ini adalah HRD di perusahaan Anda. Tentunya dibantu oleh atasan Anda. Untuk itu, hargailah perusahaan tempat Anda bekerja karena mereka menyediakan mentor, coacher dan hrd untuk Anda. Semua perannya adalah melakukan People development. luar biasa bukan. Tentunya, bersyukurlah kepada Yang Maha Kuasa, jika Anda telah mendapatkan pendidikan value yang luar biasa dari orang tua Anda (termasuk guru) sejak kecil berupa nilai kejujuran, amanah,fathonah dan tabliqh. semoga nilai tersebut memudahkan Anda menapaki karir.

Iklan

Published by: Asri

Di usia yang tidak muda lagi ini, menjelang 40 tahun, saya ingin memberikan sharing knowledge mengenai ilmu yang telah saya miliki kepada rekan-rekan semua agar lebih cepat sukses dalam meniti karir dan menjadi seorang pengusaha

Kategori ArticlesMeninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s